Tuesday, February 11, 2014

Efek Samping Dari Kurang Tidur

Sore semua sahabat SP sore ini saya akan membahas tentang  efek samping kurang tidur , pada titik tertentu, kita tentu pernah merasakan kurang tidur di malam hari karena berbagai alasan, dan tentunya hal tersebut akan membuat kita mengantuk dan lelah. Rasa ngantuk dan lelah memang sudah hal yang pasti. Tapi tahukah Anda kalau kurang tidur juga bisa menyebabkan naiknya berat badan dan hal-hal negatif lainnya?
PENYEBAB KURANG TIDUR
sebab kurang tidur
Kurang tidur ini sendiri dapat disebabkan oleh berbagai alasan yang berbeda-beda. Tetapi kebanyakan orang merasakan kurang tidur karena kurangnya waktu tidur yang disebabkan stres, diet tidak teratur, lingkungan tidur yang tidak mendukung serta alasan medis. Biasanya sesudah hal-hal ini dilewati, maka kemampuan untuk tidur nyenyak-pun akan kembali. Kurang tidur-pun dapat disebabkan oleh efek emosional seperti trauma, stres, ketakutan dan depresi.
EFEK SAMPING KURANG TIDUR
Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, kurang tidur memang sudah pasti memberikan dampak-dampak tertentu terhadap tubuh kita, baik itu secara fisik maupun emosional. Jadi apa saja efek sampingnya?
  • EFEK FISIKAL
efek fisikal kurang tidur
Kurang tidur yang berlanjut secara terus menerus akan memberikan efek negatif akan bagaimana tubuh kita melakukan kinerjanya sehari-hari. Mereka yang merasakan hal ini akan merasa ngantuk atau lelah. Kemampuan untuk berkonsentrasi atau fokus pada suatu hal akan berkurang. Lebih buruknya lagi, ketahanan tubuh akan menurun yang dimana akan menyebabkan datangnya penyakit-enyakit lain seperti diabetes dan tekanan darah tinggi.
  • MENAIKKAN BERAT BADAN
kurang tidur naikkan berat badan
Beberapa penelitian juga membuktikan bahwa kurang tidur yang berarti tidur malam akan berakibat dapat menaikkan berat badan Anda. Hal ini disebabkan karena Anda akan lebih cepat lapar dan tergoda untuk memakan sesuatu. Pada saat Anda tidak tidur, metabolisme tubuh akan  lebih tinggi dan hal itu akan membuat Anda cepat lapar. Walaupun metabolisme tubuh Anda tinggi, Anda tidak menjadi lebih kurus karena Anda akan tergoda untuk mencari makanan.
  • MEMPERBURUK KINERJA TUBUH
memperburuk kinerja tubuh
Anda mungkin tahu bahwa kurang tidur akan memberikan Anda rasa lelah dan kurangnya daya tahan tubuh. Tetapi pada kenyataanya, kurang tidur dapat menyebabkan dampak negatif yang lebih buruk daripada yang Anda bayangkan.
Kita bergantung pada tubuh kita untuk secara kontan menghasilkan protein yang dibutuhkan untuk menggantikan beban yang telah dilakukan jaringan di dalam tubuh kita. Tetapi pada saat kita kurang tidur, hal ini akan menyebabkan berbagai dampak kepada metabolisme, radang, daya tahan dan stres. Tentunya hal itu akan menyebabkan tubuh kita kurang efektif dalam menghasilkan protein.
  • EFEK EMOSIONAL
efek emosional
Kurang tidur tidak hanya memberikan beban bagi diri Anda secara fisikal, tetapi juga emosional. Penelitian membuktikkan bahwa kurang tidur selama beberapa malam akan menjadikan Anda seseorang yang sensitif dan gampang marah. Anda akan lebih mementingkan diri Anda dibandingkan orang sekitar Anda dan relasi-pun menjadi lebih buruk. Bahkan jika hal ini diteruskan, Anda akan beralih ke obat tidur secara terus menerus.
  • MEMPERBURUK KEHIDUPAN PERCINTAAN
memperburuk kehidupan cinta
Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, kurang tidur akan menjadikan Anda seseorang yang lebih mementingkan diri Anda, dan Anda-pun menjadi sangat sensitif. Penelitian lain membuktikan pasangan kekasih yang telah menikah akan kurang menghargai pasangannya jika ia kurang tidur. Mereka akan kehilangan gairah akan bercinta karena terlalu lelah.
BAGAIMANA MENYEMBUHKANNYA?
Sama seperti penyebab dari kurang tidur, untuk mengurangi rasa kurang tidur ini, ada berbagai cara untuk menyembuhkannya.
  • Siapkan tubuh Anda untuk tidur dengan menghindari minuman berkafein seperti teh atau kopi.
  • Jangan berolahraga keras sebelum tidur, lebih baik lakukan relaksasi atau mandi air hangat.
  • Tidurlah pada saat Anda mengantuk, jangan paksakan diri Anda sampai batas jam tidur yang telah ditentukan.
  • Buatlah lingkungan yang mendukung kondisi untuk tidur
Jika hal-hal di atas masih tidak bisa membantu Anda untuk tidur, mungkin Anda harus menemui dokter atau psikolog untuk mengetahui masalah sebenarnya dari kurang tidur Anda dan bagaimana menyembuhkannya. Hal ini disebabkan karena kurang tidur juga dapat disebabkan oleh efek psikologis seperti trauma dan depresi.
--
Selain dari kabar buruk yang disampaikan di atas, ada kabar baik terkait hal ini. Jika Anda sudah tidur secara teratur selama satu minggu, maka efek-efek seperti jaringan tubuh, rasa lelah dan efek emosional akan mulai hilang. Tapi baikkah bagi tubuh Anda jika Anda melakukan hal ini secara



Sumber

Related Posts

Efek Samping Dari Kurang Tidur
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.